A. Peranan Kepemimpinan

Kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting dalam managemen. Oleh karena itu dikatakan bahwa kepemimpinan adalah inti dari pada managemen.
(Leadership is the key to management/administroilon)
Brown menyatakan bahwa kepemimpinan hanyalah mampunyai arti apabila kita menempatkan (mengkhususkan) artian itu untuk maksud dan dalam situasi apakah yang dapat diharapkan dari kepemimpinannya itu. Artinya dalam suatu situasi dan dalam suatu masyarakat apakah yang dapat diharapkan dari pemimpin itu
(The word make sense only when we specify to what end and in what circumstances the leader will be expected to act).
Jadi baik langsung maupun tidak langsung pemimpin itu dipilih dari kelompok masyarakat itu sendiri, apakah kelompok masyarakat itu negara, apakah kelompok masyarakat itu niaga/industri, apakah kelompok masyarakat itu partai politik, apakah kelompok masyarakat itu pegawai negeri/militer. Yang jelas bahwa masyarakat yang sehat akan memilih pemimpin yang sehat dan masyarakat yang tidak sehat dengan sendirinya akan memilih pemimpin yang tidak sehat (a sick group will select a sick leader). Pemimpin adalah orang yang menggambarkan kehendak yang sesungguhnya dari kelompok (Leader is a man who most closely reflect the feeling of the group).

Pendapat-pendapat tentang Kepemimpinan dapat disienpulkan menjadi tig teori yang penting:
1. Teori keturunan (heriditary theory).
2. Teori kejiwaan (psychological theory).
3. Teori lingkungan (Situational theory).
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : A. Peranan Kepemimpinan