INJIL MEMERDEKAKAN BANGSA PAPUA

Thema HUT Pekabaran Injil Di Tanah Papua untuk tahun 2012 yang dirayakan oleh warga Papua, yang bermukim di kota  Yogyakarta dalam ibadah perayaan minggu 5 Februari 2012, yang akan dilaksankan pukul 05.00 WIB.  (Sesuai dengan surat Undangan yang diterima)

"INJIL MEMERDEKAKAN BANGSA PAPUA"
Thema yang dipilih ini  sangat memiliki arti yang luas dan dari berbagai sudut pandang. Jika melihat dari realita Papua hari ini maka seakan ada pembenaran bahwa injil membuat bangsa Papua akan merdeka lepas dari penjajahan  namun hal inilah yang perlu di garis bawahi dan jangan di salah artikan. 

Maksud dari thema diatas menurut saya adalah, kesadaran akan suatu kehidupan yang mengalami perubahan pola dan tata cara hidup, dari masa-masa kegelapan menuju suatu masa yang lebih baik, suatu masa yang berbeda dari sebelumnya.
Jauh sebelum injil masuk, situasi dan kondisi kehidupan masyrakat papua pada umumnya masih hidup dalam kelompok kesukuan yang tersebar di berbagai daerah. Kesukuan ini di bawah komando seorang kepala suku. Dan dengan kehidupan tradisional mempertahanankan dan selalu mencurigai orang asing yang masuk kedaerah Papua. Hal ini jadi berubah, interkasi social antar masyarakat mulia terbentuk dengan hadirnya injil. Ini suatu mujizat yang terjadi, bangsa yang dulunya berjalan dalam kegelapan melihat terang kasih kristus yang dating untuk menyelamatkan umatnya.  
Masa-masa kegelapan, saat dimana perang antar suku masih terjadi, saat dimana pengetahuan akan kasih sayang terhadap semua makhluk cipataan Tuhan belum ada. Saat penyembahan berhala dan lain sebagainya masih terpakai pada kehidupan saat itu, jadi terganti oleh cahaya kasih kristus, melalui utusan Zending kedua rasul Ottow dan Geisller tiba pada tanggal 5 Februari 1855 di Pulau Mansinam, �Dengan nama Tuhan Kami menginjak Tanah ini�. Dengan perjuangan yang sangat panjang, dengan berbagai cara yang ditempuh untuk meyakinkan iman percaya orang-orang Papua yang pada akhirnya mereka dapat menerima injil dan nama Tuhan terus di muliakan di atas Tanah Papua.
Hari ini, 5 Februari 2012,  tepat 157 tahun Pekabaran Injil di Tanah Papua, satu setengah abad terang kasih kristus bercahaya di atas Tanah Papua, Tanah Penuh berkat . 

Dengan demikian injillah yang memerdekaan bangsa Papua dalam konteks kehidupan sosial beragama, sehingga rasa kasih dan mengasihi sesama yang paling kuat ada pada orang-orang di Papua hingga saat ini. Injil membebaskan Bangsa Papua dari kuasa kegelapan menuju Terang  Kasih Tuhan.(PH)
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : INJIL MEMERDEKAKAN BANGSA PAPUA