Separatiskah Kita ?

�Setiap orang yang melakukan sesuatu kegiatan yang bertentangan dengan keutuhan sebuah negara disebut separatis�, benarkah itu?

Kadang membingunkan kita sendiri dengan berbagai upaya dan tindakan dari kita salah dimengerti oleh pihak yang berwenang, aparat keamanan ataupun pemerintah. 

Beberapa hal yang perlu kita pahami bersama bahwa Negara Indonesia pada saat dibentuk adalah terdiri dari beberapa kerajaan dan bahkan ada yang sudah berdiri sebagai sebuah Negara merdeka. Sejarah negeri ini membuktikannya. Lalu karena keanekaragaman kebudayaan adat istiadat, tatanan kehidupan masyarakatnya yang berbeda maka pastilah ada beberapa hal dimasa lalu yang ditutupi oleh bangsa ini. Mungkin saja hal tersebut bertentangan atau tidak sesuai dengan bangsa dan Negara ini. 

Dilihat dari latar belakang dan sejarah dari Papua Barat maka akan sangat berbeda dengan konsep perjuangan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Sama-sama memilki sejarah terjajah dari bangsa lain namun disinilah ada banyak perbedaan yang dapat dilihat bila kita mencermati jauh kedalam sejarah dari kedua wilayah tersebut. Sebuah contoh kecil, bila di Indonesia pada zaman penjajahan banyak terjadi kekerasan, kerja paksa dan lain sebagainya, sementara di Papua Barat? 
Tidak seperti itu, bahkan kehidupan yang dijalani lebih baik dibanding sekarang.

Lalu salahkah bila kita menuntut sesuatu yang disembunyikan selama ini? Tentang hak hak kita yang coba terus dipendam, diredam?.

Bagaimana nasib kita kelak bila dalam keadaan seperti ini terus menerus?

(Phaul Heger)
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Separatiskah Kita ?

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: