Siapakah Valentine itu?

Ensiklopedia Katolik menyebutkan tiga versi tentang Valentine. Versi pertama, ia adalah seorang pendeta, Pendeta St. Valentine. Ia hidup di zaman Raja Romawi Claudius II. Pada tanggal 14 Februari 270 M Claudius II menghukum mati St. Valentine karena menentang beberapa perintahnya.

Ia mengajak manusia kepada agama Nasrani, dan menolak menyembah dewa-dewa Romawi. Ia lalu ditangkap dan dibunuh dan dikuburkan di Via Flaminia. Oleh pihak gereja ia dianggap sebagai norang suci. Sehingga namanya diabadikan menjadi nama sebuah gereja di Roma. Dan juga dijadikan sebagai nama gerbang, Gerbang St. Valentine. Tapi sekarang telah berubah nama menjadi Porta del Polopo.

Versi kedua, St. Valentine adalah nama seorang pemuda yang mati diekskusi oleh Raja Romawi, Claudius II pada tanggal 14 Februari 269 M.. Nama aslinya Valentino. Karena pemuda itu telah menetang kebijakan Raja Claudius II, yang saat itu ingin membentuk pasukan yang tangguh, yang terdiri dari kaum pemuda. Agar mereka tidak loyo, maka Raja melarang mereka nikah.

St. Valentine menentang perintah ini dan terus mengadakan pernikahan di gereja dengan sembunyi-sembunyi sampai akhirnya Raja mengetahuinya, lalu ia dipenjarakan. Di penjara dia berkenalan dengan putri seorang penjaga penjara yang terserang penyakit. Ia mengobatinya hingga sembuh dan jatuh cinta kepadanya. Sebelum dihukum mati, dia mengirim sebuah kartu yang bertuliskan �Dari yang tulus cintanya, Valentine.�
Versi ketiga, Valentin adalah nama seseorang yang meninggal sebagai martir (istilah yang dipakai untuk orang-orang yang mati mempertahankan prinsip-prinsipnya). Peristiwa itu terjadi di bagian provinsi Romawi. Ia meninggal pada abad ke-3 M.
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Siapakah Valentine itu?

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: