My Opini | Aneksasi

Siang ini, setelah terbangun dari tidurku yang terlelap karena kecapaian perjalanan panjang semalam. Perjalanan dari Jogja ke sebuah Kabupaten di Semarang. Setelah bersantai sarapan dengan secangkir kopi dan menyulut sebatang rokok bintang buana kesukaanku.
Komputerpun ku hidupkan dan memluai aktivitas "dunia maya". yang pertama adalah mengunjungi situs blog pageku ini. kemudian ku lanjutkan dengan membuka facebook. 
Beberapa pemberitahuan serta permintaan pertemanan dan tak lupa komentar-komentar dari beberapa group yang tampil menghiasi halaman fbku. klik sana-sana, baca-baca sejenak kemudian terlintas dalam benak terkait tanggal 1 Mei, Hari Aneksasi. Terlintas dalam pikiran yang kemudian ku tuangkan dalam wall facebookku:
Mari kita renungi perjalanan panjang sejarah negara kita,
West Papua yang telah sekian lama berada didalam bingkai palsu kesatuan...........................
Bangkit bersatu dan lawan!
atau tertindas didalam penjajahan.
 01 Mei
1 Mei, tanggal ini memiliki sejarah tersendiri yang akan selalu dikenang spanjang waktu oleh generasi bangsa Papua. 

1 Mei 1969 merupakan hari bersejarah bagi kembalinya Papua ke dalam indonesa. Pada saat iitu ada proses Pepera (Penentuan Pendapat Rakyat).
Integrasi menurut Indonesia, tetapi menurut rakyat Bangsa Papua  adalah ANEKSASI.
Pepera yang CACAT HUKUM, semua peserta yang ikut terlibat didalam aksi tersebut berada dibawah tekanan. 

Yang pasti menurut pendapat dan pemikiran saya, jika benar integrasi Papua ke dalam  Indonesia berjalan dengan sesuasi proses, prosedur yang jelas maka tidak mungkin ada proses perlawanan sejak tahun-tahun awal.  

Jika disimak dan kita ikuti dari jejak sejarah perjuangan maka sangat jelas jauh berbeda sekali. Kata Indonesia, Papua kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi ?
Memang sebelumnya antara Papua dan Indonesia sudah ada dalam sebuah bingkai kesatuan ? ataukah jauh sebelum belanda menjajah pulau jawa,  sudah ada negara yan bernama Indonesia? Yang didalamnya termasuk papua? Dan negara itu kemudian dibubarkan oleh belanda. Setelah itu Indonesia kembali bersatu sehingga papua disebut �kembali ke pangkuan ibu pertiwi�?
Sangat tidak sesuai fakta keabsahan sejarahnya. Masa-masa penjajahan sepertinya hanya di pulau jawa yang paling lama.




Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : My Opini | Aneksasi

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: