41 Tahun Proklamasi West Papua (Opini)


Empat puluh satu tahun yang lalu proklamasi west Papua dikumandangkan ke seantero jagat  alam rimba raya Papua. Para pejuang, para pendukung para pendahulu kita. Orang tua-tua kita dan seluruh masyrakat bangsa papua yang hidup pada saat itu. 1 juli 1971. Brigadir jendral Zeth Rumkorem membacakan teks proklamasi. Semua bersuka cita atas peristiwa itu.


Setelah proklamasi dilanjutkan dengan pembacaan statmen dan pembentukan Tentara Pembebasan Nasional   Papua Barat. Lengkaplah sudah dengan struktur yang begitu kuat untuk sebuah negara karena memiliki semua susunan kabinet dan posisi-posisi yang sesuai.


Namun apa yang terjadi ? negara yang telah terbentuk lengkap dengan struktur kenegaraannya harus mengalami nasib yang  hingga saat ini masih dibawah bayang penjajahan. Masih tertindas oleh bangsa lain. Bangsa yang masuk dengan cara-cara tidak adil, masuk menginvasi wilayah negara ini dan mengibarkan bendera dan lambang negaranya. Pemaksaan sebagai suatu kesatuan ditorehkan diatas tanah Papua.
Kini peristiwa yang bersejarah, peristiwa yang telah lama berlalu itu selalu menjadi bagian dalam catatan sejarah bangsa Papua. Selalu dikenang, selalu dirayakan. Bahkan hingga saat ini. 1 juli 2012, anak bangsa Papua masih terus bangkit dan bersuara untuk kebenaran sejarah.  Dengan berani terus melakukan perlawanan diatas negeri kolonial.
Aksi-aksi lapangan, aksi-aksi doa, gerkan perlawanan, solidaritas perlawanan, aksi-aksi menolak invasi dan pendudukan militer diatas tanah papua, aksi-aksi menolak kekuatan militer untuk mempertahankan papua.
Sebagai suatu bangsa, sebagai umat beragama yang memiliki keyakinan, dan memahami arti kasih yang begitu tinggi; semua yang terjadi dimasa lalu walau masih terselubung tak menutup gerak langkah untuk merayakan hari yang bersejarah itu bagi kami generasi mudanya.

Ibadah HUT Syukuran 41 Tahun Proklamasi West Papua


Hari ini kami yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua; merayakan hut proklamasi tersebut dengan mengadakan ibadah syukuran. Kami bersyukur atas apa yang telah terjadi apa yang telah dilalui. Ibadah ini dilaksanakan di asrama mahasiswa Papua Kamasan Yogyakarta.(PH)

Lihat-Foto-Foto Lainnya di : Album Foto
Lihat Berita Terkait di :

Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : 41 Tahun Proklamasi West Papua (Opini)

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: