Rekayasa Sejarah Papua Barat

Seperti Halnya Sejarah yang di rekayasa oleh NKRI mengenai G30S PKI, demikian juga dengan Sejarah Papua Barat masuk NKRI penuh dengan rekayasa yang didasari atas kedurhakaan terhadap kekayaan Papua Barat. ada beberapa fakta sejarah yang perlu di ketahui masyarakat Indonesia agar dapat mengetahui alasan Papua Barat ingin MERDEKA :


  1. Ratu Belanda membentuk bagi Nieuw Guinea pemerintahan yang disebut Gouvernement van Nederlandas Nieuw Guinea lepas dari Hindia Belanda, pada tahun 1949 saat RIS memperoleh Pengakuan Kedaulatan oleh Pemerintah Belanda pada Konferensi Meja Bundar di Den Haag senada dengan Canberra Agreement oleh South Pacific Commission.
  2. Gouvernement van Nederlandas Nieuw Guinea mengatur berlangsungnya Pemilihan Umum untuk terbentuknya Volks Raad (Dewan Bangsa) yang disebut Nieuw Guinea Raad/NGR atau sebut Dewan Papua, 1959-1961.
  3. NGR membentuk Komite Nasional Papua /KNP 1961 bersidang dari tanggal 16 s/d 19 Oktober melahirkan Manifesto Politik Papua dideklarasikan pada 1 Desember 1961.
  4. Proses Dekolonisasi yang mulai berproses sejak itu tidak dapat berlangsung terus setelah tanggal 19 Desember 1961 karena Presiden RI Soekarno mendekritkan hukum perang/pendudukan (Martir Law) yang disebut Trikomando Rakyat/TRIKORA.
  5. NGR dilebur dalam DPRD-Gotong Royong, produk KNP diberangus dan terlarang.
  6. UNTEA wakil PBB setelah New York Agreement tidak bisa diharapkan apa-apa, mengundang protes berpuncak pada Penyerbuan Manokwari 1965, embrio Operasi Papua Merdeka yang oleh karena kepentingan disebut Organisasi Papua Merdeka.
  7. Kondisi tegang dan orang Papua dibungkam sampai Plebesit 1969 yang disebut PEPERA, dikatakan begitu, Indonesia menang PEPERA juga PBB menerima baik hasil ini meskipun “dengan catatan/by take note” yang sempat ditolak oleh 30 negara di antaranya Israel dan teman-teman dari Benua Hitam, Karena penuh rekayasa dan intimidasi terhadap Orang Papua pada saat itu.
Karena Dekrit Perang yang di keluarkan Presiden Soekarno pada tanggal 19 Desember 1961, sehingga orang Papua akan selamanya merasa terjajah oleh NKRI. Karena Papua Barat sudah MERDEKA pada tanggal 1 Desember 1961.

Sumber : Kompasiana
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Rekayasa Sejarah Papua Barat

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: