SERUI DARURAT 09 - 10 Agustus 2012


Serui, West Papua,Kamis, 9 Agustus 2012 09:00 Pagi

Serui, kab.kep.yapen West Papua kembali dikecam kepanikan setelah kejadian pembakaran rumah warga, pembongkaran posko-posko keamanan warga, perampasan dan penahanan warga sipil di wilayah Angkaisera, Yapen Timur oleh aparat kepolisian yang tergabung dalam satuan polresta setempat dan brimobda papua, Kamis, 09 Agustus 2012 hari ini dikejutkan kembali.

Aksi damai (demonstrasi) dalam rangka memperingati hari rakyat pribumi internasional yang dilakukan di Serui, dengan titik aksi desa Yapan, Mantembu dan berakhir di tuggu perjuangan serui pusat kota kabupaten kep.yapen, serui, dibubarkan paksa oleh satuan TNI/POLRI didaerah tersebut. Kepolisian resort kab.kep.yapen, brimobda papua dan Kodim 1709 Kab.Kep.Yapen dengan menggunakan 5 truk masing-masing, bubarkan paksa massa aksi yang telah melakukan longmars tepat di Anotaurei dengan melakukan penembakan, pengepungan, pemukulan (waratawan), memburu dan menangkap beberapa rakyat sipil diantaranya:


1. Ibu Abon (korban pemukulan dan penangkapan aparat)
2. Pedai Y (korban pemukulan, diburu dan ditangkap)
3. Ratna Pangkurei (korban pemukulan dan ditangkap aparat)
4. Edison Kendi (dipukul dan ditangkap)
5. Yhan Piet Maniamboi (pemukulan dan penangkapan)
6. Bramm (wartawan, pemukulan aparat)
7. Risal Biasa (dikejar, ditembak)
8. Dan masih banyak korban lainnya yg belum teridentifikasi.
9. Matius Pedai,
10. Ruben Bonai dan
11. Daniel Kandipi


Setelah melakukan pembubaran massa, aparat gabungan TNI/POLRI langsung ke Posko gubernuran NRFPB, tempat berkumpulnya massa aksi dan melakukan pembongkaran tempat dimaksud (Desa Yapan II, desa Mantembu, Serui)
Korban rakyat sipil langsung dilarikan ke Polresta Kab.Kep.Yapen. Keberadaa mereka hingga berita ini dikeluarkan, belum pasti. Dukungan doa dan Advokasi saudara/i sekalian menjadi kekuatan rakyat semesta di papua.

Report by. Topan&Bram, Serui - West papua


Laporan lanjutan Aksi Serui 9 Agusus 2012 (SERUI DARURAT II) 10:00 AM:

Para korban aksi damai 9 agustus 2012 di Serui,masih berada ditahanan polresta kab.kep.yapen dan blm dipulangkan. keberadaan para pendemo msh terceraiberai sejak siang tadi dan belum berapa korban jiwa dan luka2 akibat keganasan aparat gabungan TNI/POLRI di serui. Semoga Tuhan menjaga&melindungi saudara/i kita yg saatini tengah berusaha menyelamatkan diri. A Luta Continua! Viva Melanesia.

Salam!
Bram

Laporan Lanjutan SERUI DARURAT III - A Luta Continua

10 Agustus 2012; 04:00 pm.

-------------------------------------------
11 Warga sipil korban pemukulan, pengakapan dan penahanan semena-mena pihak Polresta Kab.Kepulauan Yapen dalam Aksi damai memperingati hari rakyat pribumi Sedunia 9 Agustus 2012 di Serui,West Papua, 7 warga telah diibebaskan 10:00 pm. Sedang 2 orang lainya masih berada di rumah tahanan Polresta Kab.Kep.Yapen. Kedua tersangka atas nama Edison Kendi (Wakil Gubernur Wilayah Saireri, Negara Rep.Federal Papua Barat) dan Yan Piet Maniamboi (Bupati Yawama, NRFPB) diduga melakukan kegiatan makar dan Penghasutan dengan maksud hendak memisahkan diri dari RI.
Surat penahanan yang di layangkan pihak Polresta kab.kep.yapen, Serui, West Papua, telah diterima pihak keluarga pukul 04.00pm sore tadi.



 Mohon advokasi lanjutan!

reportase WP Media: Bram � serui
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : SERUI DARURAT 09 - 10 Agustus 2012

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: