Agus Isir jadi Raja Isir III

Akan Dikukuhkan oleh Tetua-tetua Adat di Dusun Isir, Aitinyo Raya Kabupaten Maybrat 

SORONG-Hasil kesepakatan oleh masyarakat dan segenap to­koh-tokoh masyarakat adat bermarga Isir yang berada di Distrik Ayamaru, Aitinyo dan Aifat , Kabupaten Maybrat, memutuskan untuk mengangkat Agustinus Isir sebagai Raja Isir III, menggantikan Raja Simon Isir yang telah wafat pada tahun 2001 lalu. Terkait dengan pengangkatan Agustinus Isir atau yang kerap disapa Agus Isir sebagai Raja Isir III, telah dibentuk panitia persiapan pengukuhan Raja Isir III yang diketuai oleh Marthen Way dan Sekretaris Frans Isir serta melibatkan Kepala Baperkam Kampung Isir II Marthinus Way.

Pengukuhan Agus Isir sebagai Raja Isir III dijadwalkan akan berlangsung dalam waktu dekat ini yang bertempat di Dusun Isir, Kampung Isir Distrik Aitinyo Raya, Kabupaten Maybrat. Dalam keterangannya kepada wartawan di RM Mini petang kemarin (10/3), Leis Isir selaku Anak Negeri mengatakan, setelah meninggalnya Simon Isir yang merupakan Raja Isir II, masyarakat bermarga Isir khususnya yang berada di Kampung Isir II seperti minder karena keberadaan Raja Isir seakan tenggalam, tidak ada suara diantara raja-raja di Maybrat lainnya seperti Raja Kambuaya, Raja Kambu.

Karena itu masyarakat pun merasa saatnya menunjuk pengganti Raja Simon Isir. Dan sosok yang dianggap tepat untuk meneruskan tongkat estafet dari Raja Isir II adalah Agustinus Isir. Bahwa Agus Isir kelahiran 28 Agustus 1971 dianggap sebagai figur yang tepat untuk dikukuhkan sebagai Raja Isir III, karena selama ini masyarakat di 3 distrik yakni Distrik Ayamaru, Aitinyo dan Aifat menilai Agus Isir mau bekerja untuk kepentingan rakyat, khususnya bagi masyarakat di Kampung Isir. Dalam hal ini, masyarakat berharap dengan ditunjuknya Agus Isir sebagai Raja Isir III dapat membantu menyelesaikan masalah yang kerap dihadapi masyarakat, khususnya menyangkut masalah hak-hak ulayat tanah adat.

Selain itu, alasan lainnya bahwa Agus Isir bukanlah orang asing bagi masyarakat Kampung Isir, melainkan dia juga memiliki hubungan keluarga dengan Raja Simon Isir sehingga sangat tepat jika masyarakat mengangkatnya sebagai Raja Isir III. Dikatakan Leis Isir, bahwa tugas yang diemban Raja Isir tidak memiliki batas waktu. Artinya sampai seumur hidup, setelah yang bersangkutan meninggal dunia barulah diangkat Raja Isir yang baru. Dan pengangkatannya pun melalui kesepakatan yang ditunjuk langsung oleh masyarakat setempat. Dalam catatan raja-raja Isir, sebagai Raja Isir I adalah Rehsron Isir kemudian digantikan Simon Isir yang meninggal dunia pada 2001 lalu.

Sementara itu, Agus Isir kepada wartawan mengatakan, setelah ditunjuk sebagai Raja Isir III maka tugas yang diemban selain berusaha menyelesaikan masalah-masalah hak ulayat adat masyarakat , dirinya juga dituntut untuk mampu menyelesaikan masalah lain seperti di bidang politik. Ia mencontohkan jika diantara masyarakat ada yang berbeda pandangan dalam politik sehingga timbul pertikaian, maka Raja Isir III hadir untuk menengahi masalah tersebut. Selain itu, ujar Agus Isir yang sehari-hari pengusaha BBM (bahan bakar minyak) juga mengatakan siap berkoordinasi dengan pemerintah terkait dengan pelaksanaan pembangunan, khususnya menyangkut kebijakan-kebijakan pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.
Dan satu hal ditegaskan oleh Agus Isir bahwa dirinya diangkat sebagai Raja Isir III bukan berarti Ia hanya milik masyarakat bermarga Isir. Malainkan untuk seluruh masyarakat A3 (Ayamaru, Aitinyo dan Aifat) di Kabupaten Maybrat, dan lebih luas lagi bagi masyarakat Papua, Papua Barat dan bangsa pada umumnya. Dikatakan Agus Isir, keberadaan Raja Isir setara atau selevel dengan raja-raja lainnya di tanah air. Karena itu untuk menunjukkan eksistensi Raja Isir di Kabupaten Maybrat, dalam rencananya setelah dikukuhkan sebagai Raja Isir III, Agus Isir berencana untuk mengundang keturunan raja-raja lainnya di seluruh tanah air, termasuk Sultan Keraton Yogyakarta. (ros/Radar Timika)


Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Agus Isir jadi Raja Isir III

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: