Bendera GAM di Aceh 'Celah' untuk Organisasi Papua Merdeka

JAKARTA,  - Ketua Umum Serikat Kerakyatan Indonesia (SAKTI), Standarkiaa Latief, berpendapat bahwa pengibaran bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sebagai simbol kedaerahan di sejumlah wilayah di Aceh telah melanggar Undang-Undang Dasar 1945 dan kesepakatan internasional. Menurutnya, pemakaian bendera itu tergolong pada simbol diluar NKRI. 

Lateif beralasan, karena semua peraturan per Undang-Undangan yang lahir ditingkat Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten Kota, di seluruh Indonesia pijakannya tetap tidak boleh mengalahkan Undang-Undang. "Qonun (Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2013) itu kan levelnya Perda, masa itu mengalahkan UU," ujar Lateif kepada wartawan saat ditemui di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (31/3). 


Saat disinggung mengenai pengaturan dalam pengibarannya, semisal bendera Merah Putih lebih tinggi dari bendera GAM?, Latief menjawab, dalam aturan UU bentuknya hirarki dari UUD 1945, UU baru yang lainnya. "Kalo saya pribadi tidak setuju, sejauh itu dilihat melanggar UUD 1945, ya gak bisa, akan jadi preseden (pernyataan sebelumnya)," ujarnya.


Dia mencontohkan, jika saja Aceh diberi keleluasaan maka jangan salahkan Organisasi Papua Merdeka (OPM) melakukan hal serupa seperti itu. Lateif menambahkan, ini akan menjadi invisible hand (tangan tak terlihat) bagi pihak asing untuk masuk dan 'mengacak-acak' kedaulatan NKRI seperti yang terjadi pada tahun 1992 saat dokumen rahasia pentagon bocor soal skeniro perang diberbagai negara di dunia, termasuk negara-negara strategis yang akan di kuasai AS (Amerika Serikat), termasuk di Indonesia, bagian barat Aceh, bagian timur Papua.
Untuk itu, kata Latief, sebaiknya pemerintah mengambil sikap yang tegas, tapi dalam bentuk persuasif bukan dengan cara konfrontatif agar tidak terjadi preseden buruk bagi provinsi lainnya.
"Inilah cermin dari krisis kewibawaan pemerintahan kalo ada kewibawaan pemerintahan gag akan terjadi seperti ini," tandasnya. 

Sumber : PedomanNEWS

------------------------------------------------------------------------------------------------
 
 Apapun pernyataan kalian, yang pasti PAPUA SUDAH Siap untuk menjalankan Pemerintahannya Sendiri.

Baca Struktur Negara Papua klik disini : NEGARA PAPUA
 

 
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Bendera GAM di Aceh 'Celah' untuk Organisasi Papua Merdeka

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: