6 Pengibar Bintang Kejora, Diancam Hukuman Seumur Hidup

6 Pengibar Bintang Kejora Jadi Tersangka Diancam Hukuman Seumur Hidup

BIAK-Penyidik Satuan Reserse dan Kriminal Polres Biak Numfor terus melakukan pengembangan penyelidikan dan penyidikan terhadap kasus pengibaran bendera Bintang Kejora di halaman Kantor Badan Diklat Kabupaten Biak Numfor, Rabu (1/5). Hasil penyelidikan dan penyidikan yang telah dilakukan, enam (6) orang pelaku pengibar bendera Bintang Kejora yang telah diamankan sebelumnya, Kamis (2/5) kemarin telah ditetapkan menjadi tersangka. Mereka adalah YA (40), YB (20), OW (40) MS (65), SS (45), YW (45). “Keenamnya yang telah ditangkap ini sudah ditetapkan jadi tersangka dan ditahan. Mereka dijerat dengan pasal berlapis, baik tentang UU Darurat maupun pasal makar di KUHP dengan ancaman kurungan penjara seumur hidup,” kata Kapolres Biak Numfor AKBP Esterlina Sroyer, BA didampingi Kasat Reskrim AKP George Septory, SH saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos di kantornya, kemarin.
foto/ilustrasi by phaul heger

Dari sejumlah keterangan yang diberikan kepada penyidik, para pelaku ini memang terlibat langsung dalam kegiatan pengibaran bendera Bintang Kejora dan memaksa serta mengancam para peserta diklat prajabatan CPNS Golongan III Kabupaten Biak Numfor untuk ikut dalam upacara mereka. Keenam tersangka ini dalam organisasi yang dinilai separatis itu memiliki peran masing-masing. OW memiliki jabatan sebagai pimpinan TPN/OPM wilayah Biak Timur dengan pangkat kolonel, YW sebagai wakil pimpinan TPM/OPM wilayah Biak Utara dengan pangkat Letkol, MS sebagai pimpinan TPM/OPM wilayah Supiori dengan pangkat Letkol, SS sebagai wakil komandan wilayah Biak Timur dengan pangkat Letkol, YA dengan pangkat sersan mayor. (ito/fud)
Sekadar diketahui, penangkapan para pelaku dilakukan oleh tim gabungan polisi dan aparat TNI AD. Penyidik juga masih terus melakukan pengembangan penyelidikan untuk memburu pelaku lainnya yang sempat melarikan diri saat dilakukan penangkapan. (ito/fud)
Sumber : Radar Timika
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : 6 Pengibar Bintang Kejora, Diancam Hukuman Seumur Hidup

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: