Jelang 1 Desember, Polisi Siaga Satu

Kapolres : Kita Juga On Call Jajaran TNI dan Brimob
AIMAS - Menyikapi tanggal 1 Desember yang dianggap sebagian kelompok sebagai peringatan hari kemerdekaan bangsa Papua, yang biasanya ditandai dengan aksi pengibaran Bendera Bintang Kejora, Polres Sorong mening­katkan eskalasi pengamanan dengan memberlakukan siaga satu.
Untuk pengamanan 1 Desember, kita dari Polres Sorong seperti tahun sebelumnya jajaran kita siaga satu, dan bukan dari Polri atau Polres Sorong, dari unsur TNI kita bersama-sama melakukan pengamanan bersama, �ujar Kapolres Sorong AKBP E. Zulpan, SIK, M.Si kepada wartawan di ruang kerjanya kemarin (29/11).

Dalam pengamanan siaga satu ini, lanjut Kapolres, tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, akan dilakukan gelar pasukan dengan kekuatan kurang lebih 280 personil ditambah kekuatan dari Brimob 1 pleton dan TNI dari Kodim 1704 Sorong 1 pleton yang bersifat on call, kemungkinan juga termasuk dari Batalyon 1704 Sorong. “ On Call adalah personil tersebut, siap siaga, jadi kalau dibutuhkan siap dilakukan pergeseran,”terang Kapolres.
Pengamanan 1 Desember bukan hanya di Mapolres Sorong, juga dilakukan dijajaran Polsek-Polsek di wilayah hukum Polres Sorong yang meliputi Kabupaten Sorong dan Kabupaten Tambrauw . Siaga satu dilakukan dengan melakukan pengamanan diantaranya tempat-tempat pengibaran Bendera Bintang Kejora, fasilitas umum, fasilitas pemerintah, dan sejumlah objek vital lainnya.
Selain itu, sebagai antisipasi sejumlah tempat ibadah juga turut diamankan. Karena menurut Kapolres, jangan sampai ada kegiatan tempat ibadah disusupi kegiatan separatis. Dan untuk kegiatan separatis tetap akan ditindak tegas. Kita akan tindak tegas, dan terbukti seperti Isak Kalaibin Cs, sudah kita tangkap dan saat ini dalam proses di Pengadilan. Saat ini adalah saatnya membangun, Papua saat ini sudah banyak berubah dan pembangunan, pemerintah juga begitu terbuka dalam pembangunan, jadi mari bersatu untuk membangun tanah Papua, dan jadikan sebagai zona damai,�tandas AKBP E Zulpan, S.IK. Bukan hanya melakukan pengamanan, sebagai bentuk antisipasi gangguan Kamtibmas sejumlah operasi juga akan dilaksanakan, dengan sasaran seperti senjata api, senjata tajam, bendera Bntang Kejora, dan sejumlah sasaran operasi lainnya, yang akan dipadukan dengan operasi zebra yang saat ini juga masih dilaksanakan jajaran Satlantas Polres Sorong .
Ditambahkan oleh Kapolres, saat ini situasi keamanan dan ke­tertiban masyarakat di wilayah hukum Polres Sorong dalam keadaan kondusif. Seluruh komponen masyarakat diminta berperan aktif bersama-sama mendukung dan menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif. “Jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, apabila terdapat hal-hal yang dapat terjadinya gangguan Kamtibmas segera laporkan kepada pihak terkait sehingga dapat diantisipasi dan ditindaklanjuti,”himbaunya.
Secara terpisah, Kapolres Sorong Kota (Sorkot) AKBP Harry Golden­hardt,S.IK mengatakan, sampai saat ini, pihaknya belum menerima adanya surat masuk dari pihak manapun yang bertujuan untuk menggelar aksi penyampaian aspirasi secara damai. Padahal sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, setiap aksi atau kegiatan penyampaian aspirasi damai setidaknya menyampaikan surat pemberitahuan minimal tiga hari sebelum hari pelaksanaan. Tetapi ternyata sampai dengan kemarin, belum ada surat yang disampaikan ke pihak Polres Sorong Kota.
Kapolres yang ditanya jika ada surat masuk hari ini untuk kegiatan 1 Desember, apakah pihaknya akan mengeluarkan ijin? Kapolres belum dapat memastikannya. Menurut Kapolres, untuk mengeluarkan ijin atau tidaknya pihaknya tentu akan mendalami maskud dan tujuan dari surat itu.
Kapolres menghimbau masya­rakat Kota Sorong untuk memaknai bulan Desember sebagai bulan penuh berkah dan penuh makna.”Karena didalam bulan Desember ada Natal dan menyambut Tahun baru, sehingga seluruh hari di bulan Desember ini saya berharap hari yang penuh berkah dan penuh kasih,”tandasn AKBP Harry Goldendhardt. (rat/reg)

Sumber : RadarSorong
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Jelang 1 Desember, Polisi Siaga Satu

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: