Wilayah-Wilayah di Eropa yang Ingin Merdeka

Wilayah-wilayah lain di Eropa yang diperkirakan tergerak oleh referendum Skotlandia ternyata memiliki potensi separatisme yang cukup besar. CNBC,  memperkirakan wilayah-wilayah itu antara lain:

1. Catalonia, Spanyol

Berada di wilayah timur laut Spanyol, Barcelona menjadi cakupan dari wilayah Catalonia ini. Keinginan untuk merdeka dari wilayah ini sudah terjadi sejak 2009 dan 2011. Referendum tidak resmi sempat diadakan di Catalan. Keinginan untuk merdeka memang besar, tetapi partisipasi dalam referendum sangat rendah.

2. Basque, Prancis dan Spanyol

Berada di bagian Selatan dan Barat Prancis, lebih besar dari Spayol Utara Pegunungan Pyreness. Keinginan untuk kemerdekaan, muncul dari kekuataan dua partai nasionalis yang menang dalam pemilihan umum terbaru di komunitas Otonomi Basque di Spanyol.

Warga Basque adalah salah satu kelompok etnis tertua di Eropa dan tetap mempertahankan bahasa dan budaya khasnya. Mereka memiliki otonomi yang cukup di Spanyol tetapi tidak di Prancis. Separatis ingin melihat Basque di kedua negara bersatu sebagai satu bangsa.

Tawaran kemerdekaan tampaknya telah menguat sejak kelompok separatis bersenjata ETA meninggalkan kekerasan pada 2011, yang menewaskan ratusan orang selama 40 tahun. Dalam pemilu 2012 komunitas Basque dan Partai Nasional Basque menjadi kekuatan politik terkuat.

3. Flandeers, Belgia

Wilayah Flandeers berada di Utara Belgia, termasuk di Kota Brugers dan Antwerp. Di wilayah ini warga menggunakan bahasa Belanda. Sementara keingianan untuk merdeka muncul sejak pemilihan umum Mei 2014. Saat itu kelompok New Flemish Allience memenangkan pemilu dengan raihan suara terbesar dan menjadikannya sebagai bagian dari  pemerintah koalisi baru.

4. Bavaria, Tenggara Jerman.


Kelompok masyarakat ini berada di wilayah tenggara Jerman, termasuk Munich. Keinginan mereka untuk merdeka sangat rendah tapi mungkin terus berkembang. Pada Bavaria tahun lalu, kelompok separatis yang tergabung di Partai Bavaria memperoleh 2,1 persen suara. Raihan ini merupakan yang tertinggi sejak 1966. Partai Bavaria pun percaya kemerdekaan Skotlandia akan memberikan dorongan besar untuk mereka.

5. Venesia, Italia.


Salah satu wilayah lain yang berkeinginan untuk merdeka adalah Kota Venesia, dan sekira wilayah Veneto, Italia. Pergerakan regionalis adalah pihak yang mendorong kemerdekaan ini sejak abad-19. Maret 2014 lalu warga Veneto melakukan referendum tidak resmi, dua per tiga warga datang memberikan suaranya. Hasilnya cukup mencengangkan dengan 89,1 persen warga mendukung kemerdekaan dari Italia. Namun hasilnya tidak mengikat dan Veneto tetap berada di Italia. 


6. Tyrol utara, Italia.
Dekat wilayah Alphine utara Italia, berbatasan  dengan Austria ke arah timur dan Swiss ke barat. Keinginan untuk kemerdekaan sangat tinggi, Tyrol adalah bagian dari kekasairan Astro-Hungaria sebelum Perang Dunia I. Sebagian besar penduduk masih menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pertama.

7. Padana, Italia.

Berada di Italia Utara�Khususnya Lembah Po. Keinginan untuk kemerdekaan terus berkembang, wilayah ini sikap anti-imigran dan Eropa utara, Partai Liga, terus mendorong rakat di wilayah utara untuk melepaskan diri dari wilayah selatan Italia yang di anggap tidak mempunyai sumber daya alam.

8.  Wales, Inggris.


Terletak di sebelah barat Inggris Raya, Wales adalah salah satu dari empat negara yang membentuk Inggris, bersama dengan Inggris, Skotlandia dan Irlandia Utara. Keinginan untuk kemerdekaan terus berkembang, Wales merupakan kandidat utama dalam mengikuti jejak Skotlandia, hasil dari jejak pendapat mengatakan pada bulan ini bahwa dukungan kemerdekaan pada Wales semakin meningkat.

9.  Irlandia Utara, Inggris Raya.


Terletak di Timur Laut Irlandia, termasuk Belfast. Keinginan untuk kemerdekaan sangat kuat pada garis- garis sektarian. David Trimble, mantan Menteri Irlandia Utara, memperingatkan bulan ini bahwa dukungan untuk kemerdekaan Skotlandia bisa meningkatkan tekanan untuk referendum serupa di negara ini.

10.  Cornwall, Inggris.
Terletak di Barat Daya Inggris. Keinginan untuk kemerdekaan masih rendah namun panggilan untuk kembali kepada warisan leluhur dari distrik Westminster terus berlangsung. Partai Nasional Cornwall telah menyuarakan Cornwall untuk diakui sebagai negara bangsa. (faj)




Sumber : http://international.okezone.com
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Wilayah-Wilayah di Eropa yang Ingin Merdeka

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: