Tragedi Perayaan Tahun Baru 2015

35 Orang Tewas Terinjak-injak di Malam Tahun Baru
SHANGHAI,  - Sedikitnya 35 orang dilaporkan tewas dan lebih dari 40 lainnya cedera dalam perayaan Tahun Baru 2015 di Shanghai, Cina.
Puluhan ribu warga Shanghai berdesak-desakan di kawasan Bund untuk menyambut datangnya Tahun Baru 2015. Akibatnya, 35 orang tewas terinjak-injak dan kehabisan napas. 
Kantor berita resmi Xinhua, menyebutkan warga berdesak-desakan di kawasan Bund, di pinggiran sungai di kota tersebut, untuk menyaksikan pesta kembang api menandai Tahun Baru 2015. Saat berdesakan tersebut, warga saling injak menginjak sehingga jatuh korban jiwa.
Foto yang diterbitkan Xinhua antara lain memperlihatkan seseorang sedang membantu pernapasan orang lain yang tidak mengenakan baju sementara orang lainnya terbaring di dekatnya. Polisi tampak menutup kawasan tempat tragedi itu dan beberapa korban langsung di bawah ke rumah sakit setempat.
Sementara seorang pejabat pemerintah Cina dikutip oleh Stasiun TV, CCTV, juga mengatakan 35 orang tewas dalam insiden di Bund tersebut.
Penyebab saling injak menginjak itu masih sedang diselidiki oleh pihak berwenang. Pemerintah Kota Shanghai mengatakan insiden injak menginjak mulai terjadi sekitar 23.35 malam waktu setempat.
Pekan lalu, Harian Shanghai Daily melaporkan perayaan tahun baru di Bund yang tahun lalu dihadiri sekitar 300.000 orang sudah dibatalkan karena jumlah yang datang itu melebihi dari perkiraan.
Berita itu mengatakan bahwa perayaan dengan 'skala kecil' akan digelar dan tidak terbuka untuk khalayak umum. Kawasan Bund di sepanjang tepi sungai merupakan jalanan sempit dengan gedung-gedung tua, pertokoan, dan obyek wisata. (BBC)

Sumber : Tribun
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Tragedi Perayaan Tahun Baru 2015

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: