Akhirnya, Freeport akan Bangun Smelter di Papua

Jakarta (15/2) - Menteri ESDM Sudirman Said serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menerangkan hasil blusukan ke Papua terkait permasalahan smelter Freeport.
"Hari ini tercapai kesepakatan penting, bukan hanya soal Freeport tapi pembangunan kawasan. Kami sepakat mengangkat isu Freeport dan smelter bukan isu politik, tapi ekonomi dan pembangunan," kata Sudirman dalam konferensi pers di Hotel Rimba Papua, Timika, Minggu (15/2).
Berikut kesepakatan yang tercapai seperti diucapkan Sudirman:

1. Freeport dan pemerintah sepakat rencana bangun smelter di Papua. Menjadi catatan, ini adalah bagian dari pembangunan smelter nasional. Yang kita bangun adalah fasilitas nasional.

2. Smelter merupakan bagian dari pembangunan kawasan industri yang dikembangkan pemerintah daerah, baik Provinsi Papua maupun Kabupaten Mimika. Kemeterian PUPR akan mendukung upaya penyiapan kawasan dan mencocokkan rencana tata ruang nasional.

3. PT Freeport Indonesia dipesan akan mendukung sepenuhnya proses menerobos wilayah sulit di Papua dengan infrastruktur dasar.

4. Pemerintah Papua dan Timika akan menyiapkan tim kerja yang menyiapkan tim kerja yang menyiapkan kawasan. Tim ini akan berhubungan dengan investor yang mau masuk ke kawasan. Harus menyeleksi mitra-mitra yang bonafit, agar pembangunan berjalan lancar.

5. Kementerian ESDM akan bentuk tim penelaahan smelter nasional. Akan me-review kapasitas smelter nasional agar tidak ada tumpang tindih, tidak ada kelebihan, juga tidak ada kekurangan. Tim ini akan dipimpin oleh Staf Khusus Menteri ESDM Sudirman Said dan Direktur Jenderal Minerba R Sukhyar. (FN - Rezza)

- See more at: http://m.fastnewsindonesia.com/article/akhirnya-freeport-akan-bangun-smelter-di-papua#sthash.N4XNg8ZU.dpuf 

Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Akhirnya, Freeport akan Bangun Smelter di Papua

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: