Catatan Untuk KNPI - Tidak Ada "Jong Papua"

"Dulu, saat Sumpah Pemuda pertama kali dideklarasikan pada tahun 1928 telah dihadiri oleh beberapa organisasi pemuda dari berbagai daerah yakni Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, dan tidak ada Jong Papua. Melalui kongres KNPI ke XIV di Jayapura, Papua adalah melengkapi Sumpah Pemuda yang dideklarasikan tahun 1928," kata Arnold Korwil Papua DPP KNPI.

Kongres KNPI di Jayapura, Papua untuk menegaskan bahwa para pemuda Papua ikut menyatakan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa yakni Indonesia sejak Sumpah Pemuda tahun 1928, tambah Arnold.

Tulisan diatas diambil dari laman www.merdeka.com 

Menurut saya persoalan mendasar yang hingga saat ini masih menjadi catatan sejarah perjuangan Bangsa Papua adalah kepalsuan sejarah dimasalalu. Persoalan integrasi Papua kedalam wilayah indonesiapun masih dianggap sebagai bagian dari cara-cara licik yang dipakai untuk menggabungkan wilayah.

Dan sebagai fakta sejarah bahwa Papua juga telah dipersiapkan menjadi sebuah negara yang merdeka, yang kemudian kemerdekaannya itu hanyalah singkat. Walau demikian perjuangan kemerdekaan itu masih bertahan dan masih ada hingga saat ini.

Jika benar Papua bagian sah dari indonesia, kiranya kawan-kawan di Komite Nasional Pemuda Indonesia, dapat mengambil sikap yang sama dengan apa yang menjadi tuntutan rakyat Papua. Penentuan nasib sendiri atau Referendum, mengapa demikian, agar memperjelas status politik Papua. kita bisa belajar dari pengalaman Inggris dan Skotlandia dimana Inggris membuka ruang untuk Skotlandia, tetapi mayoritas lebih memilih tetap bersama inggris. 
Hal inipun akan sama bila indonesia dengan keterbukaan memberikan ruang untuk rakyat menentukan masa depan. KNPI perlu juga mendorong hal ini.

Pada kesempatan kongres yang sebentar lagi akan digelar, kiranya kawan-kawan di KNPI tikak membuat sesuatu hal yang berlebihan dan kami anggap sebagai bagian dari menambah kekeliruan sejarah, atau kepalsuan sejarah lagi.

Hingga saat ini Perjuangan Papua Untuk Menentukan Hak Kedaulatannya masih diperjuangkan.

Tidak ada "Jong Papua", selama rakyat Papua masih terus ditindas, Pelanggaran Ham tidak pernah diselesaikan, Pembengkokan sejarah terus dilakukan, ruang demokrasi ditutup.

Catatan Phaul Heger
 
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Catatan Untuk KNPI - Tidak Ada "Jong Papua"

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: