Indonesia Dukung Papua Nugini Ketua APEC 2018

Jakarta, GATRAnews - Pemerintah Indonesia mendukung Papua Nugini sebagai Ketua Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) pada 2018 mendatang, sebagaimana diputuskan dalam APEC Leader's Declaration, di Beijing, pada tahun lalu. Indonesia menyampaikan dukungan tersebut melalui Menteri Luar Retno LP Marsudi kepada Menteri Luar Negeri Papua Nugini Hon Rimbink Pato, dalam pertemuan bilateral di Port Moresby, Papua Nugini, dua hari lalu.
Sedangkan Menlu Papua Nugini menyepakati bahwa sebagai bagian dari keterlibatan Indonesia yang semakin kuat di MSG, pihaknya akan mengintensifkan komunikasi mengenai isu-isu terkait dengan MSG.

Kedua menlu juga akan mendorong saling kunjung, kontak, dan konsultasi secara reguler antara Indonesia dan Anggota MSG. Menlu Papua Nugini akan menyampaikan undangan bagi Menlu RI untuk menghadiri Pacific Islands Forum pada 7-11 September 2015 di Port Moresby, Papua Nuguni.

Menlu Retno pada lawatannya  juga melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Papua Nugini, Hon Peter O� Neill. Pada kesempatan tersebut, baik Perdana Menteri Papua Nugini maupun Menlu RI, menyepakati, bahwa selama beberapa dekade ini, hubungan bilateral antara kedua negara telah semakin dalam dan dewasa, sehingga kedua pihak saat ini merasa yakin untuk membahas isu apapun secara terbuka dan jujur, termasuk isu-isu yang sensitif bagi kedua negara, tanpa menimbulkan dampak yang merugikan bagi keseluruhan hubungan kedua negara yang bertetangga dekat.

Kedua Pihak menggarisbawahi pentingnya kedua pemerintahan untuk membuka komunikasi dan mencapai kesepahaman yang sama untuk memajukan seluruh isu-isu kerja sama bilateral kedua negara. Dalam konteks ini, perdana menteri Papua Nugini menyambut baik usulan Menlu Retno untuk mengintensifkan komunikasi terbuka antara Papua Nugini dengan Indonesia sebagai dua tetangga dekat melalui pembentukan hotline di antara kedua menlu.

Menlu Retno menyampaikan undangan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada perdana menteri Papua Nugini untuk menghadiri Peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika 1955 dan 10 tahun Kemitraan Strategis Asia-Afrika pada tanggal 19-24 April 2015.

Retno juga menyampaikan penghargaan atas sambutan hangat dan penerimaan yang sangat baik terhadapnya beserta seluruh delegasi Indonesia selama kunjungan di Port Moresby.

Reporter: Iwan Sutiawan
Editor: Tian Arief
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Indonesia Dukung Papua Nugini Ketua APEC 2018

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: