Papua Lobi Jonan dan Pusat Segera Bangun jalan Kereta

Timika  - Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua, terus melobi Kementerian Perhubungan untuk segera mewujudkan pembangunan jalan kereta api guna membuka isolasi wilayah Papua.
Bupati Mimika Eltinus Omaleng kepada Antara di Timika, Selasa, mengatakan dalam waktu dekat jajarannya akan menemui Menteri Perhubungan Ignatius Jonan di Jakarta untuk mempresentasikan kesiapan Mimika membangun jalan rel kereta api yang akan menghubungkan kabupaten tetangga di pedalaman Papua.
Menteri Perhubungan Ignatius Jonan (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Saat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta belum lama ini, Presiden mengutarakan kembali rencana pemerintah membangun jaringan kereta api di Papua sebagai solusi terbaik dalam mengatasi hambatan geografis yang sulit di Papua.
"Pemerintah Pusat merencanakan untuk membangun jaringan kereta api di Papua yang proyek percontohannya yaitu Sorong-Manokwari, Sorong-Bintuni atau Timika-Ilaga. Kami akan berjuang agar proyek perdana lintasan kereta api di Papua yaitu dari Timika ke Ilaga, terwujud. Yang jelas Pemkab Mimika siap untuk mendukung penuh rencana itu," kata Omaleng.
Ia menyambut baik prakarsa Kemenhub yang memberikan prioritas pembangunan infrastruktur transportasi massal di Papua khususnya di wilayah Mimika dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat wilayah ini.
Pemkab Mimika juga terus menata infrastruktur baik darat, laut maupun udara untuk mendorong pembangunan hingga kampung-kampung dan distrik di wilayah pedalaman dan pesisir.
Tahun ini Pemkab Mimika akan membeli sebuah helikopter untuk menunjang kegiatan pembangunan di wilayah-wilayah pedalaman yang selama ini belum dapat dijangkau dengan moda transportasi darat.
"Kita sudah anggarkan Rp85 miliar untuk pembelian helikopter melalui APBD 2015. Kita sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk pembelian helikopter tersebut," jelas Omaleng.

 Sumber : (ANTARA News)
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Papua Lobi Jonan dan Pusat Segera Bangun jalan Kereta

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: