PBB Konfirmasi 24 Korban Tewas di Vanuatu

Sebuah rumah di Kepulauan Vanuatu rata dengan tanah usai dihantam Badai Siklon Pam - AFP / DAVE HUNT / POOL
Aukland: Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengonfirmasi adanya 24 korban tewas dan 3.300 lainnya kehilangan tempat tinggal di Kepulauan Vanuatu yang dihantam Badai Siklom Pam.

"Sebanyak 3.300 orang mengungsi di 37 pusat evakuasi di pulau utama Efate dan di provinsi Torba dan Penama," ucap perwakilan PBB, seperti dikutip Associated Press, Selasa (17/3/2015).

Komunikasi radio dan telepon di Vanuatu sempat mati total, namun perlahan membaik. Presiden Vanuatu Baldwin Lonsdale menyebut negaranya telah dihantam badai "monster".

Relawan dari sejumlah grup berusaha mencapai wilayah terluar Vanuatu yang hancur lebur dihantam badai. Sebagian besar area terpencil di Vanuatu tidak memiliki bandara. Walaupun ada landasan pacu, ukurannya kurang memungkinkan untuk pendaratan pesawat besar.

Australia telah memantau Vanuatu dari udara, dan menyebut kerusakan terparah terjadi di Pulau Tanna. Lebih dari 80 persen rumah dan bangunan lainnya di pulau tersebut hancur.

"Gambar dari pesawat memperlihatkan kerusakan berskala luas. Tidak hanya bangunan, pepohonan juga rata dengan tanah," ucap Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop.

Pemerintah Indonesia berencana mengirimkan bantuan kepada Kepulauan Vanuatu dalam waktu dekat.
WIL
Sumber : Metrotvnews.com
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : PBB Konfirmasi 24 Korban Tewas di Vanuatu

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: