TNI Siap Bantu Kepolisian Soal Eksekusi Terpidana Mati

Jakarta - Sebanyak 9 terpidana mati yang sudah ditolak grasinya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berada di Nusakambangan. Untuk menjamin keamanan jelang eksekusi di lokasi, Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan pihaknya siap membantu pihak kepolisian.
TNI Siap Bantu Kepolisian Soal Eksekusi Terpidana Mati
"Kita lebih baik memikirkan keadaan yang terburuk dari setiap situasi, untuk itulah TNI memberikan kesiapan untuk membantu kepolisian," ujar Moeldoko di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (7/3/2015).

Jenderal bintang empat itu mengatakan pihaknya akan selalu melakukan analisa terkait situasi keamanan terkini sebelum pelaksanaan eksekusi mati. Apabila tidak ditemukan ancaman yang dapat mengganggu kedaulatan negara, maka pihak kepolisian saja cukup.

"Sepanjang kepolisian itu bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan kita selalu melakukan analisis apabila tidak ada hal-hal yang berkaitan dengan upaya yang mengganggu kedaulatan, maka kami tidak turunkan (personel TNI)," lanjutnya.

"Tetapi manakala? menimbulkan hal-hal yang berkaitan dengan terganggunya kedaulatan, maka bagi TNI itu adalah satu-satunya alasan terbaik menurunkan pasukan," sambung Moeldoko.

Sebagaimana diketahui, Pulau Nusakambangan menjadi pilihan lokasi pelaksanaan eksekusi yang ditentukan oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) selaku eksekutor. Namun pihak kejaksaan masih menutup rapat-rapat kapan pelaksanaan eksekusi terhadap gembong narkoba yang divonis hukuman mati.

Saat ini 9 terpidana mati yang sudah berada di Nusakambangan belum menghuni ruang isolasi yang telah disiapkan. Terpidana mati seperti duo Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, telah dipindahkan dari LP Kerobokan, Bali ke LP di Pulau Nusakambangan. Sedangkan, 1 terpidana mati lain yaitu WN Filipina bernama Mary Jane Fiesta Veloso masih berada di LP Wirogunan, Yogyakarta.

Sumber : News.Detik
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : TNI Siap Bantu Kepolisian Soal Eksekusi Terpidana Mati

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: