Olahraga Harus Bebas dari Politik

JAKARTA - Mantan wakil ketua komite normalisasi PSSI, FX Hadi Rudyatmo mengatakan ketua umum PSSI mendatang harus terbebas dari kepentingan politik dan juga dari jeratan hukum. Rudy mengartikan bebas dari kepentingan politik berarti ketua umum terpilih harusnya tidak pernah berkiprah di panggung politik atau menjadi pengurus partai politik.
 
"Olahraga harus dipisahkan dari kepentingan politik, kalau dicampur-aduk ya susah. Kalau sepak bola tidak direcoki dengan kepentingan pribadi dan politik, maka prestasi akan bisa diraih. Karena itu saya menjagokan Joko Driyono dari 9 calon ketum PSSI yang belum punya pengalaman politik dan belum terjerat kasus hukum," ujar Hadi Rudyatmo yang juga Walikota Solo  dalam diskusi di Gedung Serbaguna, Senayan, Jakarta, Selasa (14/4). Rudy menambahkan, ketua umum PSSI harus punya konsep prestasi. Salah satunya ialah menjuarai Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta- Palembang,"kalau tidak punya target juara ya sudah tidak usah mencalonkan," imbuhnya.
 
Sementara  ketua umum PSSI 1999-2003, Agum Gumelar   menegaskan ketua umum PSSI yang baru hasil Kongres Luar Biasa (KLB) di Surabaya, Jawa Timur 18 April mendatang, harus mampu membangun kemitraan yang baik dengan pemerintah. "Hubungan PSSI dengan Kemenpora adalah kemitraan, sehingga tidak perlu ada ancam-mengancam karena warisan terbesar olahraga adalah persaahabatan," kata mantan ketua komite normalisasi PSSI itu.
 
Selain kemitraan dengan pemerintah, Agum menyebutkan calon ketua umum PSSI harus memenuhi tiga syarat lainnya, yaitu siap berkorban karena menjadi ketua induk olahraga merupakan bentuk pengabdian. Calon ketua PSSI juga harus mampu menjawab tantangan kekinian dengan    industri sepak bola yang berkembang sangat pesat, "karena itu harus seseorang yang berjiwa manajerial," katanya.Acaara ini juga dihadiri mantan pemain timnas  Bambang Nurdiansyah dan  Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Indonesia (APSI),  Gatot Hariyo Sutejo.  (bam)

Sumber : RS
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Olahraga Harus Bebas dari Politik

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: