Polda Papua Tetapkan 5 Tersangka Makar Kelompok NRFPB

Jakarta - Kepolisian Daerah Papua menetapkan lima orang tersangka atas dugaan melakukan makar yang mengaku sebagai delegasi Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB) yang juga sebagai anggota Komite Independent Papua (KIP).

Kelimanya berinisial EA, OB, MES, OS, DF yang saat ini ditahan di Mapolda Papua. Juru bicara Polda Papua Kombes Rudolf Patrige mengatakan, salah satu dari mereka yakni Elias Ayakeding (EA) mengaku sebagai Kepala kepolisian NRFPB. Sementara empat orang mengakui sebagai anggota Komite Independent Papua (KIP) dan kelimanya saat ini terus diselidiki di Mapolda Papua.

"Dalam penangkapan itu, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya seperangkat seragam organisasi NRFPB dan lima eksemplar dokumen dari hasil pertemuan KIP bersama Menteri Pertahanan bernomor 6/P-03/NRFPB/11/2014, tertanggal 20 November 2014 yang berisi tentang follow up tawaran negosiasi Pemerintah Indonesia dan Papua yang dalam lampiran tersebut berisi Deklarasi Kemerdekaan NRFPB dan profil Negara Papua Barat," ujar Rudolf, Kamis (16/4/2015).

Polisi juga menjerat kelimanya dengan pasal 106, 108 ke-2, KUHP jo pasal 53 ayat 1 dan 55 ayat 1 KUHP dengan ancama hukuman seumur hidup dan minimal 20 tahun penjara.

Dalam penenangkapan itu, polisi membebaskan satu orang PNS Kesbangpol Sorong, Provinsi Papua Barat atas nama Enny Tan Fere, karena didalam surat mandat dari Presiden NRFPB, Forkorus Yoboisembut tak terdaftar nama yang bersangkutan.

"Tapi kami tetap mendalami peran Enny Tan dalam kegiatan tersebut," ujarnya.

NRFPB diklaim terbentuk pada Oktober 2011, pada Kongres Rakyat Papua III di Lapangan Zakeus Padang Bulan. 
Struktur Negara Papua. Ils.
Dalam deklarasi NRFB tersebut juga dipilih Presiden NRFPB yakni Forkorus Yoboisembut.

Sumber : Detiknews


Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Polda Papua Tetapkan 5 Tersangka Makar Kelompok NRFPB

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: