AMP Komite Kota Yogyakarta Gelar Aksi Damai

 YOGYA - Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Komite Kota Yogyakarta, menggelar aksi damai di depan Asrama Kamasan Yogyakarta, Jalan Kusumanegara, Umbulharjo, Yogyakarta.

Aksi damai ini diselenggarakan pada Selasa (19/05/2015), pukul 10.00 WIB, dan diikuti oleh sebanyak lebih dari 25 massa aksi.

Aksi kali ini diberi tema "West Papua Back to Family".

Dalam Aksinya, AMP Komite Kota Yogyakarta menyatakan sikapnya untuk mendukung penuh keanggotaan West Papua bersama keluarga besar Melanesia di Melanesian Spearhead Group (MSG).

Selain itu, mereka pun menyampaikan, bahawa Rakyat Papua, melalui United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), membutuhkan dukungan yang sebesar-besarnya dari rakyat dan pemerintah Melanesia untuk bergabung bersama MSG.

"Kami di sini mengadakan aksi damai hingga pukul 12.00 WIB nanti, dan sudah ada koordinasi dengan pihak kepolisian," ujar Andreas Yeimo, Juru Bicara dalam aksi tersebut.

Dalam aksi ini, AMP didampingi oleh pihak kepolisian dari Polsek Umbulharjo, untuk kelancaran aksi agar tetap kondusif.

"Sebenarnya kami di sini hanya melakukan penjagaan, laporannya masuk ke Polresta. Kebetulan pada Aksi Kali ini, Aliansi Mahasiswa Papua menggelar aksinya di wilayah Umbulharjo," ujar Kompol Ahmad Nanang Wibowo, Kapolsek Umbulharjo.

Dalam Aksi AMP kali ini, Polsek Umbulharjo menurunkan sebanyak 15 personel untuk menjaga keamanan pada saat aksi ini berlangsung.

"Kita tunggu perkembangan saja, semoga aksi ini tidak menyebabkan kericuhan, dan berjalan seperti yang mereka rencanakan, dengan menggelar aksi damai di sini. Kalau ricuh, pasti kami bubarkan. Semoga saja tidak," tutur Kompol Ahmad Nanang Wibowo lagi.

Aksi damai ini sempat membuat arus lalu lintas di Jalan Kusumanegara mengalami kepadatan. Pihak kepolisian membantu untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas tersebut, sehingga kepadatan pun terurai.

AMP membawa spanduk yang berisikan tentang "Hak Segala Bangsa Untuk Merdeka West Papua". Selain itu, mereka pun membawa kertas berukuran A3, yang bergambar bendera bintang kejora.

Lihat foto-foto aksi, klik disini : Aksi Damai

Sumber : tribunjogja.com
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : AMP Komite Kota Yogyakarta Gelar Aksi Damai

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: