Kunjungi PNG, Presiden Jokowi Cari Peluang Ekonomi

Presiden Jokowi bersama Gubjen PNG, Michael Ogio. (foto: Anggi
Port Moresby: Banyak peluang kerjasama ekonomi Indonesia dengan Papua New Guinea (PNG) yang belum digarap. Untuk menangkap peluang itu, Presiden Jokowi berkunjung ke PNG.

Jokowi tiba di Port Moresby sekitar pukul 17.00 waktu setempat. Selain Menteri ESDM Sudirman Said, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno dan Menlu Retno Marsudi juga ikut dalam rombongan kecil yang Jokowi pimpin.

Agenda pertama adalah menemui Gubernur Jendral PNG, Michael Ogio. Pertemuan ini bersifat kunjungan kehormatan antar pemimpin dua negara bertetangga dekat.

Pembicaraan yang lebih detail tentang peningkatan kerjasama ekonomi, digelar setelahnya. Yaitu dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri PNG Peter O' Neill dan jajarannya.

Salah satu yang isu penting bidang energi yang akan dua delegasi bahas adalah eksplorasi gas di Teluk Bintuni, Papua Barat. Lokasi tambang lepas pantai ini berbatasan dengan wilayah laut PNG.

Sedangkan untuk bidang infrastruktur, dibahas adalah pembangunan jaringan telekomunikasi dan listrik dari Jayapura ke Fanimo. Dua kota di perbatasan itu, hubungan ekonomi warga dua negara berjalan. Melalui Fanimo pula produk-produk Indonesia masuk ke PNG melalui jalur darat.

Namun melalui perbatasan yang sama itu pula kejahatan lintas negara terjadi, baik kriminal biasa hingga illegal fishing dan terorisme. Maka rencana kerjasama peningkatan kapasitas kepolisan PNG bersama Polri akan turut dibahas.

Sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2015/05/11/395453/kunjungi-png-presiden-jokowi-cari-peluang-ekonomi
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Kunjungi PNG, Presiden Jokowi Cari Peluang Ekonomi

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: