Indonesia Anggota Asosiasi MSG, ULMWP Observer

Komunike Bersama ditanda tangani sore tadi.

Besok akan diumumkan. Indonesia dimungkinkan menjadi anggota asosiasi MSG, sementara West Papua melalui ULMWP sebagai observer.

 Bagaimana kita menyikapinya? 

Perjuangan West Papua menjadi anggota MSG adalah proses bertahap. 
Menjadi anggota Observer adalah sesuatu yang maju. Menjadi anggota MSG bukan semata-mata mencantumkan nama West Papua dalam MSG, melainkan proses menyadarkan perjuangan kita kedalam saudara-saudari
kita Melanesia.

Ingat, hari ini perjuangan bangsa Papua sudah menjadi perjuangan seluruh rakyat Melanesia. Bayangkan bagaimana saudara-saudari kita di Vanuatu, Sololomon Island, Fiji, Kanaki, PNG ikut bangkit dalam aksi turun jalan dan doa. Bahwa keputusan politisi MSG akan menjadi kesadaran perlawanan bangsa-bangsa Melanesia terhadap politik busuk kolonialisme dan kapitalisme global yang mempercundangi para pemimpin Melanesia. Ini adalah poin kemenangan West Papua di Melanesia, kawasan maupun dunia.

Bahwa perjuangan Papua Merdeka memiliki banyak sekali jalan dan peluang. ULMWP terus melebarkan diplomasi bertahap, yang bukan saja dalam skop melanesia, tapi pasific, juga secara global. Banyak sekali media dan alat internasional yang akan dipergunakan untuk mewujudkan hak penentuan nasib sendiri bagi bangsa Papua. Anda lihat, bagaimana saudara-saudari kita di Polinesia akan mendukung kita di PIF (pacific island forum). Anda lihat, bagaimana antusias masyarakat internasional yang terus mengalir dari berbagai negara di muka bumi ini.

Semua itu karena satu. Hanya satu hal: West Papua mulai bersatu dan bergerak maju bersama. ULMWP adalah wadah persatuan yang akan kita dukung dan kenalkan kepada dunia bahwa, inilah payung persatuan perjungan bangsa Papua di luar negeri. ULMWP sedang didorong oleh orang-orang terdidik yang tahu kemana dan bagaimana meraih kemerdekaan bangsa Papua. Sementara, di dalam negeri West Papua, koordinasi lintas perjuangan semakin solid untuk menjalin dan mempersatukan seluruh elemen perjuangan bangsa, juga terutama rakyat bangsa Papua.

Tugas kita adalah terus memperbaiki sistem perjuangan, mulai dari dalam hingga ke luar negeri. Tugas kita adalah mengorganisir diri dalam barisan perlawanan rakyat. Tugas kita adalah berdiri teguh melawan penindasan kolonial Indonesia. Tugas kita adalah bagaimana menyadarkan manusia-manusia Papua yang sementara ini menjadi alat penjajah dan memupuk sistem kolonialisme di atas teritori West Papua.

Kehendak kita untuk mengakhiri penjajahan Indonesia adalah upaya sadar yang tidak akan terpengaruh oleh propaganda, retorika kosong, serta ilusi-ulusi pembangunan kolonialisme Indonesia.

Tuhan pencipta negeri yang elok dan permai ini pun menginginkan kita berubah, bersatu, dan berjuang bersama. Ia tidak kurang menciptakan kita manusia Papua, di teritori Melanesia. Ia memberikan kekuatan sempurna, yang olehnya kita akan terus maju untuk mengakhiri penindasan ini.

Salam perlawanan

Kantor Pusat KNPB
West Papua
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Indonesia Anggota Asosiasi MSG, ULMWP Observer

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: