Terkait Cara Menghadapi ISIS, Rusia dan AS Berbeda Pendapat

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri AS John Kerry saat bertemu di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (5/8/2015).
KUALA LUMPUR, - Rusia dan Amerika Serikat tidak menemukan kata sepakat terkait cara memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Demikian disampaikan Menlu Rusia Sergei Lavrov, Rabu (5/8/2015) setelah bertemu dengan Menlu AS John Kerry.

"Kami sepakat bahwa ISIS adalah ancaman global. Kami juga sepakat diperlukan upaya bersama untuk menangani masalah ini sesegera dan seefektif mungkin," ujar Lavrov yang menghadiri sebuah konferensi keamanan regional di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Namun saat ini kami belum menemukan kata sepakat tentang apa yang harus kita lakukan terutama karena adanya kebuntuan antara sejumlah 'pemain' di lapangan, termasuk kelompok oposisi bersenjata Suriah," tambah Lavrov.

Lavrov melanjutkan, dia dan Menlu John Kerry sepakat bahwa para pejabat tinggi kedua negara akan meneruskan upaya mencari strategi bersama untuk melawan ISIS.

Rusia selama ini telah mencoba mendekatkan pemerintah Suriah dengan negara-negara kuat kawasan seperti Arab Saudi dan Turki demi membentuk aliansi untuk melawan ISIS yang kini menguasai sebagian wilayah Suriah.

Sebelum bertemu Lavrov, Menlu John Kerry juga melakukan pembicaraan dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu juga membahas masalah ISIS. Dalam pembicaraan itu Kerry menyambut baik keputusan Turki yang mengizinkan AS menggunakan pangkalan udara Incirlik dan bantuan negeri itu untuk para pengungsi Suriah.


Sumber :  KOMPAS.com
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Terkait Cara Menghadapi ISIS, Rusia dan AS Berbeda Pendapat

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: