Senator Tolak Pembentukan Satgas Damai Papua


Pembentukan Satgas Damai Papua yang dimaksudkan untuk menangani persoalan keamanan di Tanah Papua menuai penolakan dari tokoh masyarakat
"Keputusan pemerintah melalui Badan Intelijen NegaraBIN  yang akan menangani keamanan di Tanah Papua dengan pembentukan Satgas Damai Papua adalah sebuah tindakan terburu-buru kata anggota DPD RI asal Papua Mervin S Komber kepada Kabarnusa.com,Selasa (29/9/2015).

Menurutnya, langkah tersebut terlalu dini dan tidak strategis bagi penyelesaian menyeluruh atas persolan yang terjadi di bumi Cendarwasih itu.

Karenanya, Mervin mengecam pembentukan satgas tersebut dan menegaskan penolakannya.

Dasar penolakannya itu kata dia, pertama langkah itu menunjukan pemerintah pusat tidak memahami persoalan di Papua.

"Yang kedua pemerintah tidak punya langkah-langkah dan kajian yang strategis dalam membangun Papua," tegas anggota MPR RI itu.

Alasan ketiga, Mervib mempertanyaka komitmen Presiden Jokowi saat Kampanye di Papua tahun 2014

Keempat, ini menandakan pemerintah pusat tdk sepenuhnya memercayai aparat kepolisian dan TNI yg selama ini menjaga keamanan dan ketertiban di Papua.

Untuk itu, Mervin mendesak Presiden JOkowi agar menolak pembentukan Satgas tersebut.
"Bagi saya, pemerintah harus mengedepankan pendekatan kesejahteraan dan pendekatan adat dalammembangun Papua," tukasnya.

Jika pemerintah tetap memaksakan pembentukan Satgas Damai Papua, maka hal itu akan berimplikasi kepada lunturnya kepercayaan rakyat Papua kepada pemerintah pusat. (rhm)

Sumber:kabarnusa.com

Related : Senator Tolak Pembentukan Satgas Damai Papua