Diplomat Papua: Harapan dari PIF, Rekomendasi 2016

 Forum Kepulauan Pasifik (PIF) yang memutuskan untuk mendorong misi tim pencari fakta ke West Papua � RNZI / Koro Vaka�uta

Forum Kepulauan Pasifik /PIF 2016

Sejumlah rekomendasi telah terbaca sejak pertemuan PIF Leaders pada tahun 2000 di Nauru, dan setiap tahun, tentu saja, kita membaca laporan mengenai apa yang terjadi di tanah Mambruk dan Cenderawasih Melanesia - Papua Barat.

Harapan kami, Papua Barat, bahwa PIF tahun 2016 di negara Mikronesia selain mencatat adanya perhatian rekomendasi yang serius tentang Pelanggaran HAM berat yang sedang terjadi di Papua Barat akibat brutalisme anggota TNI POLRI bertindak atas nama negara RI.

Tetapi lebih dari itu, harapan orang Papua Barat pula memohon adanya rekomendasi PIF 2016, mempertegas majoritas PIF Leaders mendukung West Papua untuk berpemerintahan sendiri (Self Determination) dibawah advokasi badan dunia international PBB secepatnya sudah harus direalisasikan sebelum tahun 2020.

Demikianpun, pemerintah Indonesia mengakuinya secara damai pula sehingga Papua Barat memilki hak merdeka yang sama seperti saudara/inya di kepulauan Melanesia lainnya - Solomon Islands, Papua New Guinea, Vanuatu, Fiji, Kanaky (New Caledonia), atau negara anggota PIF lainnya yang telah merdeka.

Terima kasih!

Herman Wainggai
Diplomat Papua
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Diplomat Papua: Harapan dari PIF, Rekomendasi 2016

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: