Hentikan Intimidasi terhadap Aktivis KNPB Wilayah Sorong


URGENT ACTION

Hentikan Intimidasi terhadap Aktivis KNPB Wilayah Sorong

Juru bicara Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Sorong Agustinus Aud dikepung dan diintimidasi oleh aparat keamanan pada hari Sabtu, 24 September 2016 dini hari jam 03.00 WIT.

Rumah Agustinus dikepung oleh sekitar 10 orang aparat keamanan berbaju preman yang datang menggunakan satu mobil Avanza dan tiga buah motor. Orang-orang tersebut menggedor pintu dan jendela sambil berteriak-teriak mengaku diri polisi serta meminta supaya Agustinus keluar dari rumah karena mereka hendak bicara. Adu mulut terjadi karena Agustinus menolak keluar.  Aparat keamanan sempat mendobrak pintu dan mencongkel jendela. Melalui jendela, Agustinus sempat melihat bahwa dua orang yang paling dekat dengan jendela membawa senjata laras panjang.

Agustinus kemudian menelepon teman-temannya supaya segera datang membantu. Keenam orang teman Agustinus yang hendak datang ke rumah Agustinus melihat bahwa banyak polisi berpakaian preman berjaga di setiap mata jalan menuju ke rumah Agustinus. Sekitar jam 04.00 WIT, enam orang teman Agustinus tiba di rumah Agustinus dan para aparat keamanan tersebut bubar meninggalkan lokasi. Setelah itu, teman-teman Agustinus yang lain terus berdatangan ke rumah Agustinus hingga berjumlah sekitar 25 orang.

Beberapa bulan belakangan ini, Agustinus kerap memimpin demonstrasi damai mendukung United Liberation Movement for West Papua, melakukan konferensi pers tentang perjuangan pembebasan Papua, serta menyebarkan informasi mengenai pelanggaran-pelanggaran HAM yang terus terjadi di Papua.

Pada tanggal 26 Agustus 2014 silam, ketua KNPB wilayah Sorong Martinus Yohame ditemukan meninggal dalam keadaan tangan dan kaki terikat di dalam karung di pinggir sungai, setelah menghilang diculik sejak 20 Agustus 2014. Sejak KNPB berdiri pada tahun 2008, sudah ada 35 anggotanya yang dibunuh oleh negara.

Untuk itu, segera sebarkan tuntutan di bawah ini:
- Hentikan segala intimidasi dan ancaman terhadap juru bicara KNPB Sorong Agustinus Aud;
- Usut tuntas dan berikan sanksi terhadap para polisi yang bertindak sewenang-wenang dalam peristiwa pengepungan dini hari tersebut.

Serta kirimkan pesan tuntutan tersebut kepada:
Kapolres Sorong Kota Edfrie Maith 081340792195
Kapolda Papua Barat Royke Lumowa 081331638877
Gubernur Papua Barat Abraham Atururi 08124830703


Hormat kami,
Papua Itu Kita dan LP3BH Manokwari
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Hentikan Intimidasi terhadap Aktivis KNPB Wilayah Sorong

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: