Ini Surat Terbuka Rakyat Papua, Terimakasih Pasifik Angkat Masalah Papua di PBB


Surat terbuka ini ditulis oleh Benny Wenda sebagai Juru Bicara Gerakan Persatuan Pembebasan untuk West Papua (ULMWP) terkait pidato bersejarah yang disampaikan oleh negara-negara dari Pasifik yang telah mendukung West Papua di Majelis Umum PBB.
1 Oktober 2016

Untuk Tuan Presiden, Perdana Menteri dan perwakilan dari Kepulauan Marshall, Nauru, Palau, Kepulauan Solomon, Tonga, Tuvalu dan Vanuatu,

Yang Mulia,

Atas nama rakyat West Papua, Gerakan Persatuan Pembebasan West Papua (ULMWP) mengucapkan terima kasih yang sedalamnya dan tulus dan dorongan kepada Anda semua untuk solidaritas yang luar biasa dan dukungan bagi kami, pada Sidang Majelis Umum PBB ke-71 di Amerika.

Hal ini membawa air mata dan sukacita dalam hati, yang mana kami telah menyaksikan solidaritas yang kuat dari kepulauan Pasifik untuk kami (West Papua) yang telah lama menderita pelanggaran hak asasi manusia lebih dari 50 tahun. Di West Papua, ribuan rakyat berkumpul dan berterima kasih atas dukungan Anda semua untuk pidato yang luar biasa dalam mendukung hak-hak dasar kami. Salah satunya adalah seperti tingkat penindasan yang berkelanjutan di West Papua bahwa 100 orang ditangkap sewenang-wenang oleh polisi Indonesia hanya ketika mau menghadiri demonstrasi damai.

Dukungan solidaritas ini adalah pertama kalinya sejak tahun 1960-an yang begitu banyak negara telah berdiri di Perserikatan Bangsa-Bangsa bersama-sama untuk menunjukkan dukungan atas hak-hak dasar rakyat Pasifik di West Papua. Saat ini menandakan tonggak benar dalam sejarah West Papua dan titik balik yang signifikan selama perjalanan panjang untuk perdamaian dan kebebasan. Diperkirakan sejak West Papua secara ilegal diduduki oleh Indonesia, lebih dari 500.000 orang Papua telah tewas. Mendengar suara-suara dari sesama bangsa Pasifik berani berdiri untuk membelah hak-hak orang Papua. Sangat berarti bagi rakyat Papua; mengetahui bahwa kita tidak sendirian tetapi kita tetap bersama dalam solidaritas sebagai Kepulauan Pasifik.

Kami rakyat West Papua terus berusaha menuntut hak dasar kami untuk menentukan nasib sendiri sebagai mana yang dijamin pada Hukum Internasional. Sangat penting untuk eksistensi kita sebagai orang yang kita akan dapat menggunakan hak fundamental ini untuk bebas memilih takdir kita sendiri sebelum tidak ada lagi orang meninggalkan Papua. Oleh karena itu dukungan untuk hak dasar kami untuk menentukan nasib sendiri juga penting bagi West Papua dan kami mengucapkan terima kasih yang terdalam dan tulus untuk meningkatkan dukungan untuk West Papua menentukan nasib sendiri dari seluruh Pasifik dan di seluruh dunia.

(KNPB Mengucapkan Terima Kasih Kepada 7 Negara yang Angkat isu West Papua di PBB)
Sebagai Sekretaris Jenderal Forum Kepulauan Pasifik (PIF) Dame Meg Taylor menanggapi West Papua, Ia mengatakan,

"Ini adalah masalah yang perlu dikejar dan itu tidak akan pergi ... dan tidak harus pergi karena itu sangat penting bagi wilayah kami."

Awal tahun ini, ULMWP menyatakan bahwa itu adalah keyakinan yang kuat bahwa Koalisi bersejarah di Pasifik yaitu Koalisi Pasifik untuk West Papua (PCWP) akan membantu untuk memfasilitasi dan mengkoordinasikan serta mendorong dukungan yang lebih besar dari seluruh bangsa Melanesia, Mikronesia dan Polinesia bagi masyarakat Kepulauan Pasifik West Papua, yang terus menderita genosida dan pendudukan ilegal di bawah hukum internasional.

Sungguh, ini adalah persis apa yang terjadi dan dalam waktu singkat kami telah menyaksikan lonjakan yang luar biasa solidaritas dari seluruh Pasifik.

ULMWP sepenuhnya mendorong semua negara Pasifik sesama untuk melanjutkan advokasi yang kuat dan dukungan untuk West Papua, khususnya hak fundamental rakyat Papua untuk menentukan nasib sendiri untuk mengatasi akar penyebab konflik terpanjang di wilayah kami ini.
Akhir kata, pada kesempatan ini juga kami ingin mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan sangat bahagia bersama rakyat dari Palau dan dari Tuvalu.

Semoga Tuhan memberkati Pasifik.

wa wa wa !!!

 
Benny Wenda
Jubir The United Liberation Movement for West Papua

Related : Ini Surat Terbuka Rakyat Papua, Terimakasih Pasifik Angkat Masalah Papua di PBB