Manfaat Facebok untuk Kesehatan Anda; Gimana Caranya?

Facebook. Foto: Telegraph

ANDA pastinya sering mengunggah hal-hal apa saja di Facebook. Ketika Anda sedih dan tentunya status dan jenis gambar yang Anda unggah pasti juga berubah.

Menurut sebuah studi baru, status Facebook dan sejenisnya bisa membantu dalam mendeteksi dini adanya gangguan jiwa yang menunjukkan bahwa jaringan sosial bisa membantu memberikan dukungan dan intervensi.

" Facebook sangat populer dan bisa memberikan Anda banyak data untuk meningkatkan pengetahuan tentang gangguan kesehatan mental seperti depresi dan skizofrenia," kata peneliti, Dr. Becky Inkster, seperti dilansir laman India Times.

Michal Kosinski, co-author dari Stanford Graduate Business School di AS, mengatakan bahwa data Facebook cenderung lebih bisa diandalkan.

Dengan menganalisis bahasa, emosi dan topik yang digunakan dalam update status, para peneliti mengatakan bahwa mereka bisa mencari gejala atau tanda-tanda awal dari penyakit mental.

Bahkan foto-foto pengguna Facebook mungkin memberikan wawasan baru.
Informasi yang dikumpulkan dari media sosial bisa membantu mendeteksi tahap awal depresi.

" Facebook bisa membantu memberikan pendampingan bagi individu yang terisolasi secara sosial. Kita tahu bahwa remaja yang terisolasi secara sosial lebih mungkin untuk menderita depresi dan memiliki pikiran untuk bunuh diri, sehingga online melalui Facebook bisa mendorong pasien untuk mereformasi hubungan sosial offline mereka," pungkas Inkster. (fny/jpnn)

Related : Manfaat Facebok untuk Kesehatan Anda; Gimana Caranya?