PBB: Tidak Ada Alternatif untuk Konflik Israel-Palestina, Selain Solusi Dua Negara

Sekjen PBB, Antonio Guteres. (Foto: dok.)

KAIRO, -Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Antonio Guteres, menyatakan bahwa tidak ada solusi alternatif  selain, solusi dua-negara, dalam menyelesaikan konflik antara Palestina dan Israel.

Pernyataan Guteres  itu  disampaikan dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Mesir, Sameh Shoukry, di Kairo, Mesir, hari Rabu (15/2).

Guteres bertemu dengan Presiden Mesir, Abdel-Fattah El-Sisi , untuk membahas perkembangan regional dan kerja sama antara Mesir dan PBB, menurut laporan media Mesir, Al Ahram.

Tentang isu-isu regional, Sekjen PBB itu juga menggarisbawahi pentingnya menjalankan  kesepakatan  dengan jalur Jeneva untuk mengakhiri krisis perang sipil di Suriah.
Dia juga menyampaikan perlunya membangun suasana yang kondusif untuk mencapai rekonsiliasi nasional di Libya. Negara ini menghadapi konflik internal setelah Presiden Moamar Ghadafi digulingkan pada revolusi tahun 2011.

Shoukry menyebutkan pembicaraan yang tengah diselenggarakan di Kairo antara faksi-faksi politik yang bersaing di Libya. Pertemuan di diharapkan dapat membentuk dasar penyelesaian politik untuk mengakhiri perang saudara di negara itu, dan menghidupkan kembali perjanjian Skhirat ditengahi  PBB pada 2015.

Komite Mesir menjadi penengah antara faksi-faksi politik yang bersaing di Libya. Pada hari Selasa malam dikeluarkan pernyataan  yang menyebutkan telah menemukan titik temu antara berbagai pihak dalam pembicaraan di Kairo.

Editor : Sabar Subekti
Sumber: SATUHARAPAN.COM

Related : PBB: Tidak Ada Alternatif untuk Konflik Israel-Palestina, Selain Solusi Dua Negara