Menlu Australia Berencana ke Papua, Lihat Freeport?

 
Luhut bertemu Julie Bishop Menlu Australia (Foto: Novan Nurul Alam/kumparan)

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop berencana ke Papua dalam waktu dekat. Dalam kunjungan nanti, Bishop akan ditemani oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
"Jadi Bishop memiliki rencana untuk mengunjungi Papua dan saya pikir dia memiliki rencana dengan Ibu Retno," kata Luhut usai pertemuan dengan Bishop di Gedung Kemenko Kemaritiman, Gedung BPPT, Thamrin, Jakarta, Senin (6/3).
Kunjungan Bishop hanyalah ingin melihat kondisi Papua sekarang. Luhut sendiri mengaku tidak keberatan atas rencana kunjungan tersebut.
"Jadi kami tidak keberatan dan kita harus melihat apa yang benar-benar terjadi," imbuhnya.

Lalu apakah kunjungan Bishop juga ingin melihat kondisi terkini Freeport pasca penghentian operasi produksi? Menurut Luhut tidak ada diskusi spesifik membahas soal kondisi Freeport. 
 
Pada kesempatan tersebut, Luhut menegaskan kepada Bishop bila pemerintah Indonesia hanya ingin solusi yang saling menguntungkan dengan Freeport. Pemerintah juga tidak ingin mengganggu kegiatan operasional Freeport yang sudah lebih dari 50 tahun melakukan penambangan di Papua.
 
"Tidak ada diskusi spesifik dengan Ibu Bishop, tetapi saya hanya menjelaskan kepada Bishop rakyat Indonesia ingin win-win solution seperti bisnis ke bisnis dan saya pikir kami bisa melakukannya. Tak seorang pun ingin mengambil kerja keras Freeport. Saya pikir kita harus pertimbangkan masyarakat Indonesia berharap sangat banyak dari Freeport," jelas Luhut.
 
Sumber: Kumparan.com

Related : Menlu Australia Berencana ke Papua, Lihat Freeport?