RI Tuan Rumah Pertemuan Kepala Kepolisian MSG Pekan Ini

Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat menghadiri pertemuan kepala kepolisian MSG di Fiji, Desember lalu. Di sebelah kanannya adalah Menteri Pertahanan dan Keamanan Nasional Fiji, Inoke Kubuabola (Foto: Dok Polri)

FIJI,  - Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan menteri-menteri kepolisian negara-negara yang tergabung dalam Melanesian Spearhead Group (MSG). Menurut Menteri Pertahanan dan Keamanan Nasional Fiji, Inoke Kubuabola, pertemuan tersebut akan menjadi pertemuan yang kedua di antara kepala-kepala kepolisian MSG.

Fiji Broadcasting Corporation memberitakan bahwa  konferensi ini akan fokus membahas masalah keamanan dan kebijakan kepolisian di tengah perubahan budaya dan iklim sosial yang memunculkan kecenderungan bangkitnya masalah kriminal di wilayah MSG. Sejauh ini keterangan dari pihak Indonesia belum diperoleh.

Kubuabola mengatakan tantangan baru telah muncul di wilayah MSG, di tengah masalah kejahatan biasa yang sedang berlangsung seperti masalah obat-obat terlarang, kejahatan dan kekerasan properti.
"Sebagai menteri baru untuk portofolio ini saya tidak bisa menutup mata terhadap tantangan kepolisian untuk mengatasi kejahatan di tengah lingkungan dimana masalah sosial meningkat, kerugian masyarakat, orang-orang dengan penyakit mental, dan dan meningkatnya perilaku anti-sosial. "

Tema pertemuan adalah "Penguatan Kerjasama Keamanan untuk Wilayah MSG yang Damai dan Stabil" dan akan didahului oleh Konferensi Komisioner Polisi ke-7 (Police Commisioners' Conference/PCC).

Indonesia adalah associate member dari MSG. Anggota penuh MSG lainnya adalah Solomon Islands, Papua Nugini, Fiji, Vanuatu, dan gerakan kemerdekaan bangsa Kanak Kaledonia Baru (FLNKS).
Pertemuan akan dipimpin oleh Solomon Islands, yang saat ini memegang keketuaan MSG.

Pertemuan para kepala kepolisian MSG ini diharapkan akan membahas kemajuan yang dibuat atas prakarsa Akademi Kepolisian Regional, dimana Indonesia telah menawarkan bantuan kepada negara-negara Pasifik.

Indonesia sebagai associate member MSG, dan menjalin hubungan erat dengan pemerintah Fiji dan belakangan ini semakin terlibat dalam kegiatan MSG.

Pada saat yang sama, United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), yang oleh Indonesia dianggap sebagai gerakan separatis, telah meraih status peninjau di organisasi ini tetapi belum berhasil untuk mendapatkan status keanggotaan.

MSG menjadi organisasi regional yang menjadi perhatian Indonesia dalam tiga tahun terakhir, dalam upaya Indonesia untuk menghalangi keanggotaan ULMWP.

Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, hadir pada pertemuan terakhir para kepala kepolisian MSG di Fiji, bulan Desember lalu.

Editor : Eben E. Siadari
Sumber: SATUHARAPAN.COM

Related : RI Tuan Rumah Pertemuan Kepala Kepolisian MSG Pekan Ini