5 Hal ini Yang Mendukung Tentara Pembebasan Nasional Papua

Upacara Bendera pada HUT Proklamasi Papua (1/7/17) sumber: www.Tabloid-Wani.com
Tahukah anda tentang Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), bagi generasi kekinian mungkin saja  tidak begitu mengenal dan tahu dengan benar, hal ini dikarenakan kurikulum pendidikan yang dipelajari disekolah dasar  sampai menengah atas isinya tentang perjuangan Indonesia, dan sejarah Bangsa Papua tidak dimuat dengan benar dan sesuai.

Kali ini yang hendak saya bahas disini bukan soal sejarahnya tetapi ada 5 hal yang mendukung bagi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat sehingga dapat bertahan dari serangan lawan hingga saat ini. Walau dalam beberapa situasi mengalami pasang surut, namun Tentara pembebasan Nasional Papua Barat tetap Berdiri untuk melawan Pendudukan Bangsa Asing.

Lantas hal apa saja yang mendukung bagi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, mari kita simak:

1. Dukungan Rakyat dan Bangsa Papua

Dukungan rakyat yang saya maksudkan disini dapat kita lihat dari tidak adanya aksi kritikan, demo dan sebagainaya yang menuntut TPNPB untuk menghentikan serangan. Selama ini bangsa Papua mengakui keberadaan Tentara Pembebasan Nasional
Dukungan ini semakin kuat dikarenakan tindakan balasan dari aparat Indonesia terkadang salah sasaran dan mengorbankan rakyat sipil. Selain itu, sejarah bangsa Papua dengan jelas dan sangat jelas menunjukan bahwa Papua adalah Sebuah Bangsa yang Berjuang Untuk Merdeka dan Setara dengan bangsa merdeka lainnya didunia.

2. Dukungan Alam 

Anggota Militer Papua (TPNPB) bukanlah orang dari suku bangsa lain yang datang dan baru meraba-raba dan mengenal wilayah, mereka adalah pemiliki negeri yang sah, yang tidak terima atas pendudukan bangsa asing sehinga mengambil sikap dengan bergerilya. Gunung tinggi, hutan rimba, lembah curam, dan segala tantangan dan rintangan alam Papua adalah keseharian. Sehingga untuk melawan militer asing yang datang mereka lebih cepat. Taktik gerilya, hampir mirip dengan pendudukan belanda dipulau Jawa dan para tentara keamanan rakyat (TKR) melakukan gerilya melawan pendudukan belanda. 

3. Jumlah Personil

Berapa total anggota dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, apakah 15 orang, 30 orang atau 50 orang? Sayapun tak tahu jumlah total anggota, apakah ribuan, ratusan atau puluhan. Yang sering ditunjukan difoto-foto maupun video pernyataan adalah kelompok kecil berjumlah 15-20. Jumlah total personil sepertinya dirahasiakan sehingga tidak diketahui oleh musuh. 

4. Jumlah Persenjataan

Sering diperlihatkan di foto tentara pembebasan nasional papua barat menenteng senjata-senjata terbaru maupun senjata tradisional seperti panah. Senjata rampasan dari musuh juga sering ditunjukan, tapi berapa jumlah atau kekuatan persenjataan yang dimiliki? Hanya pihak TPNPB yang tahu. Apakah 1 , 2 pucuk ataukah ada ribuan pucuk dan ribuan amunisinya. Namun belajar dari sejarah musuh, dengan bambu runcing melawan pendudukan belanda berhasil menang, demikian pula perjuangan bangsa Papua melalui Tentara Pembebasan Nasionalnya pastilah mampu memenangi peperangan ini.

5. Social Media

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi khususnya dibidang informasi dengan menjamurnya social media mendukung perjuangan bangsa Papua. Mulai dari youtube, facebook, twttier dan lain-lainnya; Setiap kemengan yang didapat dari gerilya langsung diupdate di social media. Seperti pada pertengahan oktober 2017, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat mengeluarkan pernyataan sikap dalam bentuk video dan juga foto pernyataan tertulis. Isi dari pernyataan itu dapat dibaca disini.


Itu 5 hal yang menurut saya mendukung bagi perjuangan Bangsa Papua dari sayap militer yaitu Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat. Silahkan bagi kawan kawan yang ingin menambahkan silahkan melalui komentar dibawah ini.

Kekerasan hanya akan meninggalkan luka dikedua belah pihak, tetapi berdiam sembari menunggu perundinganp sampai seabadpun tak akan terjadi jika sayap militer tak bergerak.

Hidup Rakyat! Hidup Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat

By. Phaul Heger
 
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:

Related : 5 Hal ini Yang Mendukung Tentara Pembebasan Nasional Papua

Kunjungi dan follow juga link dibawah ini: